blendedlearning

Making Content Meaningful: How to Adapt Existing Global Health Content for Different Audiences

Webinar ini dibuka Peggy D’ Adamo dengan pembahasan mengapa adaptasi konten kesehatan merupakan satu ide yang luar biasa. Beberapa alasannya sebagai berikut:

  1. Efisien: mengadaptasi konten yang tersedia secara open access dapat menghemat waktu dan biaya.
  2. Kualitas dan Akurasi: konten yang telah melalui tahap penelitian, uji coba di laboratorium serta di masyarakat, dan telah di-review oleh para pakar memiliki dasar bukti yang kuat untuk diadaptasi.
  3. Penggunaan kembali: sebagai bagian dari pengembangan berbasis digital, konten yang dapat digunakan kembali oleh berbagai kalangan memberikan kesempatan kepada para peneliti dan konsultan untuk lebih fokus pada intervensi daripada pengembangan konten tersebut.

Webinar dilanjutkan dengan beberapa contoh konten yang telah diadaptasi seperti: Training Resource Package for Familiy Planning, website ORB yang dapat diakses untuk berbagai materi kesehatan ibu dan anak, PACE Project Policy Communication Toolkit, dan Mobile 4 Reproductive Health.

Presentasi dilanjutkan oleh Amy Lee yang membahas proyek K4Health. Fokus kegiatan dari K4Health adalah meningkatkan level kesehatan reproduksi dan keluarga berencana di negara berpenghasilan rendah dan menengah dengan cara menciptakan, mensintesis, berbagi, dan mengaplikasikan ilmu pengetahuan. Hal ini adalah satu fokus misi yang berpegang pada prinsip-prinsip knowledge management.

Beberapa aktivitas yang dilakukan dalam K4Health antara lain memberikan akses kepada konten yang berbasis bukti-bukti dari penelitian, menghubungkan petugas kesehatan dengan pengetahuan yang dibutuhkannya, mengimplementasikan solusi digital kesehatan, bekerja dengan mitra untuk memperkuat kapasitas internal dan sistem kesehatan, serta melakukan penelitian pada intervensi knowledge management.  Hasil kerja dari kegiatan yang dipaparkan antara lain: website Global Health eLearning Center, publikasi K4Health Blended Learning Guide, dan publikasi Making Content Meaningful.

Amy Lee juga menyampaikan bahwa adaptasi konten memerlukan kombinasi dari berbagai pendekatan. Beberapa diantaranya mengadaptasi konten yang tepat dan spesifik dalam konteks budaya lokal, mengubah konten ke dalam bahasa lokal, dan memanfaatkan media teknologi yang tepat.

Webinar berlanjut dengan pemaparan dari Nandini Jayarajan. Nandini menyampaikan satu studi kasus tentang mengadaptasi materi e-Learning ke dalam kursus melalui IVR untuk mahasiswa kedokteran di Kenya.

IVR adalah Interactive Voice Response. Sistem ini memanfaatkan media telepon genggam untuk berinteraksi dengan anggotanya. Komunikasi dapat dilakukan dengan menekan keypad atau dengan metode speech recognition (pengenalan suara) pada telepon genggam.    

Beberapa pembelajaran yang dapat diambil dari studi kasus ini:

  • Bekerjasama dengan staf lokal untuk meninjau diksi yang digunakan dan mengecek informasi teknis yang relevan
  • Merekam audio dengan penutur asli
  • Melibatkan pemangku kepentingan dan mitra lokal
  • Kualitas audio yang dapat terpengaruh oleh variasi ponsel pengguna

Kemudian presentasi dilanjutkan oleh Lisa Mwaikambo, Lisa menyampaikan studi kasus tentang pengemasan ulang materi e-Learning kesehatan untuk pekerja kesehatan komunitas di Ghana. Konten diadaptasi dan disampaikan dalam satu aplikasi berbasis telepon genggam.

Beberapa pembelajaran yang dapat diambil, diantaranya:

  • Melibatkan pemangku kepentingan lokal pada seluruh level sistem kesehatan
  • Menyelaraskan materi dengan berbagai peraturan tentang kesehatan yang berlaku di negara tersebut
  • Memastikan bahwa konten yang diadaptasi relevan dengan pekerjaan target audiens
  • Mengadaptasi berbagai materi visual sehingga relevan dengan budaya lokal
  • Menerima umpan balik dari pengguna
  • Memberikan insentif bagi peserta khusus berupa sertifikat atau surat keterangan telah mengikuti kursus

Materi dan rekaman VIDEO dari webinar ini serta buku Making Content Meaningful: A Guide to Adapting Existing Global Health Content for Different Audiences dapat diakses melalui link berikut:

DOWNLOAD MATERI PRESENTASI DOWNLOAD BUKU VIDEO WEBINAR